SATU TEMPAT CARI TIKET PESAWAT DAN KERETA API MURAH

Selasa, 30 Juli 2013

Manfaat Buah Naga dan Mengkudu


Anda pasti mengenal dua jenis buah ini, namun tahukah Anda mengapa mereka demikan populer dalam dunia kesehatan?
1. Buah naga merah (red dragon fruit)
Buah naga merah mengandung lycopene dalam kadar tinggi yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Zat antioksidan dalam buah naga merah sangat berguna untuk menjaga daya tahan (sistem imun) tubuh kita. Daya tahan tubuh yang kuat merupakan syarat utama untuk menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit kanker.
Menurut AL Leong dari Johncola Pitaya Food R&D, organisasi yang meneliti buah naga merah, buah kaktus madu ini cukup kaya dengan berbagai zat vitamin dan mineral yang sangat membantu meningkatkan daya tahan dan bermanfaat bagi metabolisme dalam tubuh manusia.
“Penelitian menunjukkan buah naga merah ini sangat baik untuk sistem peredaran darah, juga memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksik dalam darah. Penelitian juga menunjukkan buah ini bisa mencegah kanker usus, selain mencegah kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh,” katanya.
Secara keseluruhan, setiap buah naga merah mengandung protein yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung; serat yang mencegah kanker usus, kencing manis dan diet; karotin yang baik untuk kesehatan mata, menguatkan otak dan mencegah masuknya penyakit; serta kalsium yang menguatkan tulang.
Buah naga juga mengandung zat besi untuk menambah darah; vitamin B1 yang mencegah demam badan; vitamin B2 yang menambah selera; vitamin B3 yang menurunkan kadar kolesterol dan vitamin C yang menambah kelicinan, kehalusan kulit serta mencegah jerawat.
Menurut Lanita Somali Msc MSEd, Kepala Unit Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Politeknik Kesehatan Jakarta ll, biji buah naga kaya akan lemak tak jenuh ganda yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, mengikat kolesterol yang ada di dalam tubuh, sangat baik untuk sistem peredaran darah, penyeimbang kadar gula, menormalkan kadar gula darah yang dapat menyebabkan kolesterol, mengurangi tekanan emosi, dan menetralkan racun dalam darah.
2. Mengkudu (Noni)
Buah mengkudu atau noni atau pace disebut sebagai buah ajaib karena banyak khasiatnya. Walaupun masyarakat Indonesia sudah akrab dengan khasiatnya sejak lama, namun popularitas buah yang berbau menyengat ini baru meluas beberapa tahun belakangan.
Secara keseluruhan, mengkudu adalah buah yang bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daunnya. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu termasuk: xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elements, phenylalanine, magnesium, dll.
Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Hawaii dan Louisiana State University menemukan bahwa kandungan zat alizarin dan damnacanthal yang terdapat dalam buah mengkudu dapat berfungsi sebagai pencegah kanker dan tumor. Kedua zat ini membunuh sel-sel kanker atau tumor sebelum sel-sel tersebut meluas.
Buah bernama latin Morinda citrifolia ini juga dijadikan sebagai obat tradisional insomnia karena mengandung melatonin dan serotonin yang bekerja secara bersamaan untuk memperbaiki kualitas tidur pengidap Insomnia. Mengkudu juga memiliki senyawa morindin yang berkhasiat meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga tubuh tidak sering terserang penyakit. Selain itu, mengkudu juga mengandung alkaloid triterpenoid yang membantu dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh dan morindon, yang berwarna merah dan berkhasiat sebagai pencahar.

Mengkudu merupakan salah satu buah yang berpotensi untuk menekan penyakit ginjal akibat diabetes. Hal ini berdasarkan penelitian Indranila K. Samsura dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang mencoba ekstrak mengkudu pada tikus percobaan. Hasilnya, ekstrak mengkudu ternyata mampu memperbaiki fungsi ginjal yang sudah rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar